(News) Tentang Novel Keempat

Bisik-bisik. Novel keempat saya segera keluar. Judul dan sinopsis resmi akan diberitahukan nanti, begitu pula dengan sneak peek. Ini novel yang dahulu dikenal oleh teman-teman sebagai Sakura Haru. 

Setelah diterima oleh penerbit, Sakura Haru harus mengalami perombakan besar-besaran untuk mengubah latar belakang fotografi menjadi sinematografi. Semula saya ragu, tetapi Christian Simamora berhasil meyakinkan saya bahwa ini bisa dilakukan.

Lebih dari tujuh puluh persen bagian novel diubah; konflik, tokoh, setting, adegan; entah bagaimana saya bertahan melewati proses ini. Saya pun harus riset habis-habisan mengenai dunia perfilman, terutama perfilman dokumenter. Saya berkunjung ke IKJ, ikut kuliah, dan mencicipi beberapa tempat nongkrong asyik di sana. Pada akhirnya, saya melahirkan novel yang nyaris baru.

Saya tidak bisa mengatakan mana yang lebih baik, Sakura Haru versi pertama atau novel ini. Saya menyukai keduanya, tetapi tentu saja hanya satu yang bisa diterbitkan. Ada kesedihan karena satu yang lain tidak bisa dibaca oleh teman-teman. Di sisi lain, ini membuat saya berkembang.

Jadi... nantikan, ya, novel keempat saya!

8 comments:

  1. Sekarang masih dalam proses perombakan kah? :O Semangat, Kakak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah selesai dirombak. sekarang sedang proses terbit. rencana rilis bulan depan.

      Delete
  2. asik asik :D, dulu pernah baca beberapa bab Sakura Haru di kemudian.com udah tau garis besarnya, semoga dengan perombakan ceritanya jadi lebih seru :D. Udah banyak cerita yang mengambil tema fotografi, sedangkan tentang sinematografi agak jarang, nggak sabar nunggunya mb :D

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah,, uda lama nih nunggu bukunya mbak,,, semoga laris manis ya mbak,, saya juga bakal beli deh,, penasaran banget soale,,, cemangat mbak! ^^

    ReplyDelete
  4. wah perombakan lebih dari 70% dari Sakura Haru? Perombakan habis-habisan neh namanya.
    Semoga kenikmatannya sama atau bahkan lebih dari Sakura Haru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya. lumayan habis-habisan. tapi sebisa mungkin plot dipertahankan supaya inti cerita nggak hilang.

      Delete